infoumumkita. Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 13 November 2012

Goa Jatijajar, kebumen

Gua Jatijajar adalah tempat wisata berupa gua alam yang terletakdi Desa Jatijajar, Kebumen. Gua Jatijajar mempunyai panjang dari pintu masuk ke pintu keluar sepanjang 250 meter. Lebar rata-rata 15 meter dan tinggi rata-rata 12 meter sedangkan ketebalan langit-langit rata-rata 10 meter, dan ketingian dari permukaan laut 50 meter, yang menarik dari gua Jatijajar ialah, mitosnya. Gua ini konon gua ini menggambarkan legenda Lutung Kasarung.


Bila kita ingin ke Gua Jatijajar kita bisa langsung ke arah Kebumen, karena gua ini hanya berjarak 42km kearah barat dari kota Kebumen atau dengan alternatif lain bisa dari arah Gombong, karena dari Gombong hanya 21 km dari arah selatan kota Gombong.


Disekitar Gua Jatijajar juga terdapat taman bermain yang dinamakan Pulau Kera, dinamakan Pulau Kera karena, ditaman ini terdapat banyak patung kera dan didalam Gua Jatijajar terdapat 4 (empat sungai) yang masing-masing memiliki motos tersendiri.

Misalnya:


  • Sungai Puser Bumi
  • Sungai Jombor
  • Sungai Mawar
  • Sungai Kantil


Untuk sungai Puser Bumi dan Jombor konon airnya mempunyai khasiat dapat digunakan untuk segala macam tujuan menurut kepercayaan masing-masing. Sedangkan Sungai Mawar konon airnya jika untuk mandi atau mencuci muka, mempunyai khasiat bisa awet muda. Adapun Sendang kantil jika airnya untuk cuci muka atau mandi, maka niat/cita-citanya akan mudah tercapai.


Di dalam Goa Jatijajar banyak terdapat Stalagmit dan juga Pilar atau Tiang Kapur, yaitu pertemuan antara Stalagtit dengan Stalagmit. Kesemuanya ini terbentuk dari endapan tetesan air hujan yang sudah bereaksi dengan batu-batu kapur yang ditembusnya.


Menurut penelitian para ahli, untuk pembentukan Stalagtit itu membutuhkan waktu yang sangat lama. Dalam satu tahun terbentuknya Stalagtit paling tebal hanya setebal 1 (satu) cm saja. Oleh sebab itu Goa Jatijajar merupakan Goa Kapur yang sudah tua sekali.

Waktu terus berjalan, belajarlah dari masa lalu. bersiaplah untuk masa depan, berikan yang terbaik untuk hari ini
Title Post: Goa Jatijajar, kebumen
Rating: 100% based on 99998 ratings.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog info umum kita , Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by info umum kita