infoumumkita. Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 05 November 2012

Strategi pemasaran bisnis makanan



Bisnis makanan adalah bisnis yang tak pernah surut sepanjang masa.  Modal utama menerjuni bisnis makanan adalah kesungguhan dalam menjalankan usaha. Alias tidak boleh setengah-setengah. Yakin pada kemampuan diri sendiri bahwa kita mampu menjalankan bisnis ini dan meraih sukses.
 Seperti halnya bisnis lain, bisnis makanan bukanlah bisnis tanpa risiko. Potensi kegagalan selalu ada, apalagi jika Kita bukan tipe orang yang sabar dan konsekuen. Yang jelas, tak ada kesuksesan yang instan. Semua dicapai melalui proses kerja keras dan ikhtiar yang tak pernah putus.
Walaupun bisnis makanan merupakan peluang yang menjanjikan dan telah banyak mencetak pengusaha sukses, namun jangan lupa tidak sedikit pula pelaku usaha kuliner yang gulung tikar. Kegagalan yang terjadi biasanya disebabkan strategi pemasaran yang kurang tepat.
Berikut beberapa strategi pemasaran bisnis makanan yang bisa kita coba:
  • Nama yang Unik. Buatlah konsep yang beda, penuh dengan inovasi dan kreativitas. Spesifikasikan jenis makanan yang dijual. Contohnya, jika kita ingin menjual bebek dan ayam goreng. Karena sudah banyak orang yang berjualan bebek dan ayam goreng, maka berkreasilah dengan menciptakan nama yang unik! Misalnya dengan pemberian nama “Bebek Goreng Hitam Manis” atau “Bebek Mercon”. Pemberian nama yang unik dan lucu bisa mengundang penasaran para pembeli untuk mencobanya. Siapa tahu pembeli-pembeli baru ini kelak menjadi pelanggan setia kita.
  • Memikat KonsumenKeluwesan menyapa  dan melayani pembeli merupakan keterampilan yang sangat menunjang kesuksesan bisnis kuliner kita. Jika kita ingin punya pelanggan tetap dan usaha makanan kita meraih sukses, Kita harus bisa menarik dan memikat konsumen. Minimal sambut pelanggan dengan senyum ramah-tamah. Perlakukan pelanggan layaknya raja dan ratu yang mulia.
  • Potongan Harga. Berikan potongan harga pada even-even tertentu, misalnya saat grand opening restoran kita. Selain itu, Kita juga dapat menawarkan paket hemat pada hari-hari tertentu, misalnya memberikan harga paket keluarga di hari libur. Potongan harga merupakan daya tarik tersendiri bagi para konsumen untuk berkunjung ke usaha kita. Gunakan brosur, pamflet, atau spanduk untuk mempromosikan potongan harga yang kita tawarkan.
  • Ciptakan Inovasi Baru. Jangan hanya berpaku pada satu jenis menu makanan saja. Berikan juga pengunjung satu jenis makanan yang bisa dibikin apa saja. Misalnya Bebek Saos Inggris, Bebek Panggang Rica-rica, Burger Bebek atau Pizza Bebek. Menarik bukan?
  • Kualitas Pelayanan. Kualitas pelayanan disini menyangkut masalah kebersihan, waktu penyajian makanan dan kualitas rasa makanan, juga keamanan. Kebersihan meliputi kebersihan tempat kita berjualan, kebersihan si penjual, dan tentu saja kebersihan makanan yang dijual. Selain itu, jangan membuat pelanggan kecewa dengan waktu penyajian makanan yang terlalu lama atau kualitas rasa makanan yang tidak enak.

Waktu terus berjalan, belajarlah dari masa lalu. bersiaplah untuk masa depan, berikan yang terbaik untuk hari ini
Title Post: Strategi pemasaran bisnis makanan
Rating: 100% based on 99998 ratings.
Author: andiar diant

Terimakasih sudah berkunjung di blog info umum kita , Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

1 komentar:

zaki-adverthink mengatakan...

Trima kasih : ) artikel nya sangat membantu

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by info umum kita