infoumumkita. Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 11 November 2012

Kiat Memulai Bisnis Laundry

Bisnis Laundry merupakan bisnis rumahan yang belakangan ini sedang marak. Banyak orang yang berminat untuk bisnis ini, namun tak mengerti cara memulainya. Memang, memulai bisnis bagi pemula gampang-gampang susah.


Bisnis ini mengandalkan jasa, sehingga berorientasi pada kepuasan pelanggan. Mendapatkan pelanggan yang loyal merupakan suatu keberhasilan bagi bisnis ini. Sebelum melakukan bisnis ini, perlu untuk dilakukan survei kecil-kecilan terhadap pangsa pasarnya seperti profesi penduduk di sekitar lokasi, umur, penghasilan rata-rata, pendidikan, dan karakteristik konsumen. Survei bisa dilakukan secara langsung dan juga berdasar data-data sekunder untuk melihat seberapa besar pangsa pasar bisnis ini, dan mencari kemungkinan untuk di kembangkan.

Bisnis ini paling baik berlokasi yang dekat dengan kos-kosan mahasiswa, rumah sewa karyawan/ karyawati, salon, juga perumahan. Namun perlu dilihat apa saja yang menjadi competitor untuk bisnis ini seperti jasa cuci bulanan, laundry and dry clean. Buatlah daftar pesaing, selanjutnya analisis kelebihan dan kekurangannya. Dari hasil tersebut dapat dijadikan dasar untuk bersaing yang baik.

Berikut ini adalah beberapa kiat memulai usaha bisnis loundry agar dapat di pakai sebagai pedoman dalam menjalankan bisnis laundry:


  • Karakter. Pahami lebih detil karakteristik bisnis laundry ini. Seluk beluknya, dari air yang dibutuhkan, listrik, system bisnisnya, serta apa saja faktor yang membuat orang berkeinginan membeli jasa laundry dan termasuk harga jual.
  • Perilaku Kompetitor. Pelajari perilaku kompetitor atau pesaing. Di sini kita mesti tahu tentang harga jualnya. Misalnya saja, harga jualnya Rp 6.000, berapa keuntungan yang diperoleh dari harga tersebut. Tetapi yang penting, kita mesti tahu mengenai hari-hari apa saja yang paling laris dan yang paling sepi. Bahkan, jika dimungkinkan, anda perlu mencari tahu jumlah karyawan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis ini.Supaya Anda bisa dengan mudah melakukan hal yang kurang lebih sama dengan pesaing Anda.
  • ATM. Dalam suatu bisnis Anda tidak perlu melakukan hal yang baru sama sekali. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat ATM (Amati Tiru dan Modifikasi). Kalau Anda belum mampu melakukan modifikasi, lakukan saja pengamatan terlebih dahulu dan kemudian Anda lakukan peniruan terhadapnya sesuai dengan kemampuan Anda.
  • Modifikasi. Jikalau Anda melakukan modifikasi, maka modifikasiyang perlu dilakukan adalah menjual dengan harga yang sedikit lebih murah dari pesaing. Misalkan, pesaing atau pemain yang sudah lebih dulu hadir menjual dengan harga Rp 6.000, sebaiknya Anda tidak menjual dengan harga yang sama. Mungkin jual lah dengan harga Rp 5.500. Supaya terlihat ada perbedaan. Tetapi kalau Anda menilai dengan harga itu ternyata membuat margin keuntungan menjadi tipis, maka selayaknya Anda memberikan pelayanan yang lebih baik dari pesaing dengan harga yang sama.
  • Diskon. Berikan terhadap pelanggan yang mempunyai order yang cukup besar. Jika satu hingga 3 kg tidak mendapatkan diskon, mungkin dengan pemesanan 5 kg Anda berikan potongan harga setiap kilonya menjadi Rp 5.800. Ini akan sangat terlihat berbeda di mats konsumen.Prinsipnya, jangan pernah takut membuat terobosan yang mungkin akan dinilai positif bagi konsumen.
  • Partner. Carilah partner bisnis atau orang yang dapat diandalkan untuk membantu memasarkan jasa laundry tanpa harus menggajinya tetapi cukup dengan cara memberikan komisi terhadap penjualan.
  • Jujur dan kesabaran. Sabar dan Jujur merupakan kunci sukses sebuah usaha. Dua hal itu, akan menjadi salah satu sebab sebuah bisnis berumur panjang. Namun, dua hal itu juga membutuhkan ketekunan . Karena sikap pantang menyerah, dan selalu berusaha sangat menentukan keberhasilan sebuah usaha. Sabar, bukan hanya sabar menunggu datangnya pelanggan tetapi sebuah usaha juga butuh kesabaran dalam mengelola, mempromosikan, menghadapi konsumen yang rewel dan lain sebagainya.

Waktu terus berjalan, belajarlah dari masa lalu. bersiaplah untuk masa depan, berikan yang terbaik untuk hari ini
Title Post: Kiat Memulai Bisnis Laundry
Rating: 100% based on 99998 ratings.
Author: Unknown

Terimakasih sudah berkunjung di blog info umum kita , Jika ada kritik dan saran silahkan tinggalkan komentar

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by info umum kita